Lagu Galau versi Jpop



Konbanwa!
Perkenalkan aku dengan blog baruku! ALana JShare desu! Berbagi cerita akan hobi dan menyalurkan bakat tulis serta keinginan menjadi pembawa acara jpop di televisi swasta Indonesia yang kayaknya gak mungkin ada (kebanyakan kpop, hiks!) dan inilah aku, ALana! Sanjou~ (dengan gaya Momotarous Den-O)
Untuk postingan pertamaku mungkin judulnya tidak ceria sama sekali, ya? Ahaha, sudah biarkan saja.
Kyou kara e yoroshiku onegaishimasu!

Orang Indonesia suka sekali dengan lagu galau. Aku sendiri sebagai orang Indonesia tidak. Tapi kebanyakan, terkhusus remaja, sangat suka memutar lagu galau alias sedih karena patah hati. Hiks, hiks...
Padahal ya, galau itu gak baik buat kesehatan. Kalau galaunya setiap hari, kurus dah lo! Haha...! Karena itu, Indonesia’s teeners, jangan galau berhari-hari. Jangan terlalu dipikirin gebetan atau pacar lo yang ninggalin lo. Lebih baik lo pikirin masa depan lo, gimana lo bisa ngebahagiain orangtua lo, jadi orang yang berguna di sekitar lo, dan tunjukin kalau lo bisa sukses dengan cara yang halal pastinya!
Ngomong-ngomong lagu galau, bukan hanya pendengarnya aja yang suka lagu galau, tapi para pencipta lagu di Indonesia bertambah sering membuat lagu bertema patah hati. Apa jangan-jangan saat mau menciptakan lagu mereka diputuskan oleh kekasih mereka? Entahlah, jangan bergosip, oke.
Mungkin dikarenakan juga lagu galau lagi musim-musimnya. Kalau di Jepang ada empat musim, di Indonesia ada dua musim, kemarau dan hujan, yang lampau dan masa sekarang :v kawekawekawekawe~
Terus pergantian dua musim tersebut ada musim pancaroba, alias musim gak labil, kadang hujan-kadang panas. Nah, mungkin musim galau ini ada di dalam musim pancaroba. Siapa tahu?

Kalau aku ya, kalau lagi galau gak bakal mutar lagu Indonesia yang patah hati soalnya gak mengalami (ciee~), habis single sih~ ahaai~. Galau aku itu lebih ke diri aku sendiri, misalnya kenapa aku bisa gagal dalam mencapai suatu hal, belum bisa menggapai cita-cita, atau belum bisa membahagiakan orangtua. Galau bukan harus tentang percintaan guls!
Karena itu lagu sedih Indonesia belum mengena di kokoro ini.
(Ditimpuk sama sendal, sepatu, buku, mouse, keyboard, gitar, bantal, sapu, dan barang-barang lain yang sering menjadi tumbal.)
Ya, aku beralih ke lagu dari negara Sakura~
(Maaf, Indonesia tercinta! Kamu tetap di hati, cuma lagu doang peralihanku. Sumpah!)

Sesuai dengan topik yang udah jadi judul postingan ini, aku mau share lagu-lagu jpop apa aja yang bertemakan sedih, patah semangat, patah hati, teriakan hati dan berbagai macamnya. Perlu kalian tahu, lagu jpop itu memang ada yang sedih, musiknya yang melow tapi ada selipan kalimat penyemangat di dalamnya jadi tak perlu terus-menerus bersedih. Genki dashite! Cheer up!
Dan list-list ini sesuai dengan koleksi lagu jpop-ku. Siapa tahu ada lagu yang cocok buat kondisi kalian saat ini:

Wah, lagu ini baru rilis bulan kemarin! Grup vokal yang beranggotakan tujuh orang ini mengeluarkan single untuk 10th Anniversary mereka. Arti judulnya “Love but Unloved” ini menceritakan mereka yang menyukai pasangan mereka tapi putus di tengah jalan. (mungkin kehilangan arah sama sinyal buat buka gmaps saat mau ketemuan.) Meski begitu ia tetap menyukai orang yang ia cintai walau kini sudah tak ada lagi disisinya. Kalau diberi persenan, galau 100% ini lagu!
Tak hanya Aishiteru no ni Aisenai, AAA juga memiliki beberapa lagu galau yang nyentuh banget! Seperti: Boku no Yutssu to Fukigen na Kanojo, Miss You, Akireru Kurai Wagamama na Jiyuu, Sayonara no Mae ni, One More Tomorrow, Koi Oto to Amazora, dan Still Love you. Dan masih ada lagi tapi hanya segini yang aku tahu :`D


Wagamama (Nissy)
Nissy atau lebih dikenal sebagai salah satu anggota AAA dengan nama lengkap Nishijima Takahiro. Doi sudah mulai solo karir dengan membuat single sendiri dan bermain dorama. Salah satu lagunya ialah Wagamama yang diartikan ke bahasa Indonesia (kalau gak salah) egois. Dari video clip-nya, menceritakan seorang gadis yang ditinggal meninggal (mungkin lagi) oleh laki-laki yang ia cintai. Dan arwah laki-laki itu begitu sedih mengetahuinya, meski suaranya tak tersampaikan ia menginginkan gadis itu tetap menjalani kehidupannya.

Salah satu lagu favorit aku! Lagu ini merupakan ending song anime Guilty Crown. Suaranya celly yang lembut dipadu dengan musik ryo Supercell yang keren abis membuat lagu ini memiliki daya tarik tersendiri. Lagu ini bermakna seorang gadis yang tak mau ditinggalkan kekasihnya meski mereka sering mengalami kesulitan dalam hubungan mereka. Selain lagu ini, EGOIST memiliki lagu melow lain seperti Kono Sekai de Mitsuketa Mono dan Last Song. Menyentuh.

Hirai Ken merupakan penyanyi senior dan masih eksis hingga sekarang. Aku sih memang gak terlalu up date tentang Om Ken ini (walah, panggil om :v) Tapi lagu-lagunya begitu romance dan suaranya yang berat-berat basah yang mungkin dikarenakan sering nge-job sebagai tukang cuci baju disela kesibukan sebagai entertaint (just kidding!). Dan satu lagi lagu yang aku suka dari Hirai Ken-san ialah Boku wa Kimi ni Koi wo Suru. Tetap galau :’v (lap ingus).

Kataomoi (miwa)
Siapa yang sering bertepuk sebelah tangan? (angkat tangan) Ahaa, ketahuan miris banget ya! Lagu ini sesuai dengan judulnya yang artinya Cinta Tak Terbalas alias bertepuk sebelah tangan! Hiks. Miwa yang sangat mengagumi YUI ini memainkan piano dalam PV lagu ini. Dari awal liriknya aja udah mengena: ‘Suki’ nante ienai anata shika mienai yo (I always looking at you but I can’t say ‘Love’); Me ga au tabi koe wo kiku tabi (Gaze and I can hear your voice); Itoshiku naru setsunaku naru (I love you more but it hurts more).

Nee (Fujita Maiko)
Sama dengan Kataomoi, lagu ini menceritakan seorang gadis yang menyukai seorang laki-laki dan berharap laki-laki itu memiliki perasaan yang sama dengannya. Lagu ini menjadi opening song anime Hiiro no Kakera.

Shinkai no Kodoku (Houko Kuwashima)
Lagu ini merupakan character song dari Stella Loussier, karakter labil di anime Gundam SEED Destiny. Kenapa aku bilang labil? Sebenarnya dia baik, karena obat-obatan ia jadi gila dan suka berperang. Dan mirisnya lagi ia harus mati di tengah cerita. Hiks. Liriknya juga bikin galau banget! Lirik pertamanya aja: Kanashimi wo oshiete... yang artinya ajarkan aku tentang kesedihan. Sesuai dengan karakter Stella.

Sayonara (Nishino Kana)
Kembali lagi galau dengan percintaan, lagu ini menceritakan perasaan seorang gadis yang ditinggal pergi oleh kekasih yang pergi ke luar negeri. Mungkin Kana-san gak bisa LDR ya? atau cowoknya jadi harus putus. Kasian Kana-nesan. Selain Sayonara, lagu sedih Kana-san yang lainnya seperti Aitakute Aitakute, Distance, Kimi ni Aitakunaru Kara, Missing you, Motto..., dan Gomenne.

Sleep (SID)
Band beraliran rock ini paling aku sukai, apalagi suaranya Mao-nyan~ ^w^. Terlepas dari itu SID sangat harmonis membuat lagu meski mereka berlairan rock. Mulai dari drum, gitar dan bas, serta suara sang vokalis yang khas. Sleep bertemakan romansa patah hati, hingga tidur teringat kesedihannya. Selain itu ada Namida no Ondo, Uso, Rakuen, Hikari, Fuyu no Bench, Otegami, Hosoi koe, Itsuka dan lainnya.

Kalau menyinggung tentang YUI, jangan diragukan lagu-lagu ciptaan doi. Kalau romance ya romance, nge-rock ya rock, galau ya galau~ :v Jangan ditanya lagu YUI yang galau, banyak! Mulai dari percintaan hingga tentang diri kita sendiri. Misalnya: Get Back Home, How Crazy, I Remember You, It’s all to much, Love and Truth, Merry GoRound, Namidairo, Nobody Knows, Rain, Tokyo, dan Goodbye Days yang menjadi andalannya menjadi soundtrack drama yang ia perankan sendiri dengan judul Taiyo no Uta.

Bird (Matsushita Yuya)
Lagu ini jadi ending song anime Kuroshitsuji. Matsushita Yuya yang masih fresh di entertaint Jepang ini langsung hit dengan single melow satu ini. Malah menurutku dia jagonya melow meski suka rap :v . Lagu lainnya seperti Foolish Foolish sebagai single debutnya, Futari, Fuyuzora, Key, Koe ni Naranakute feat SISTA, L.O.L, Last Dance, Last Snow, Lonely Rain, Loving Loved, Mr. Broken Heart, See You, dan Wait For You.

Dan yang lainnya seperti Winter Love (BoA), Alone Again (Yuna Ito), Yuuhi Saka (Chouchou), Tears (Komine Lisa), Shirushi (LiSA), Hoshikira dan Sou da yo (Megumi Nakajima starring Ranka Lee)


Sekian dulu! Sampai jumpa di postingan selanjutnya!

Komentar

  1. Kak saran sedikit ya.. mending itu postingannya di kasih album artnya...biar yang baca ga bosen.. itu doang .. btw sankyu!! postingannya membantu hunting gua:3 btw salam kenal:v

    BalasHapus
  2. Hi Faiz! Terima kasih atas sarannya >~<)p nanti aku coba :"D
    Udah lama gak nge-blog bingung mau diapain :v hahahaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Tertarik Artikel Lain?