Lagu Jpop yang asik buat nge-band



Konnichiwaaaa~
Udah lama ALana gak nge-blog ya (‘/\’) sibuk dengan dunia nyata tapi kenyataannya asik nge-net di tempat lain :v

Oh iya, aku ngeliat ternyata ada yang ngenotis tulisanku yang gaje ini! Mulai dari rekomendasi lagu jpop yang galau, yang bikin semangat, romantis dan yang sesuai situasi. Arigatou minna udah baca dan komen~. Ke depannya semoga ALana bisa rekomendasikan lagu-lagu jpop yang lebih kece lainnya~

Berhubungan akhir-akhir ini di kota aku tinggal udah mulai bunkasai, di tempat kalian iya juga? Jujur aja aku gregetan sama para panitia bunkasai yang gak freak sama jpop, dan membuat daftar lagu lomba yang udah ‘jadul’ gitu, dan penyanyinya itu-itu aja. Gak bosen?

Temenku bilang, “Mereka gak se-freak kamu sama jpop!”

Ah, okelah. Aku akui aku emang update sama jpop se-update mereka yang suka dengan kpop. Tapi ya, asal kalian tahu aja, lagu-lagunya jepang lebih banyak dan bervariasi daripada kpop—ups tenang yang penggila kpop, jangan lempar aku atau ngelaporin tulisanku sebelum baca semua. Kenapa aku bilang begitu?

Jpop tak hanya fokus lagu-lagu band, solo maupun group vocal. Lagu jepang udah lebih dikenal dengan lagu-lagu pembuka dan penutup anime. Bahkan para penyanyinya ada yang hanya fokus sebagai penyanyi anime—dikenal anisong. Tak hanya itu, para pengisi suara anime—yang kita kenal dengan seiyuu—juga ikut menyumbangkan suara mereka untuk bernyanyi, terutama character song. Bahkan para seiyuu ada yang sama terkenal—bahkan lebih—dari mereka yang solo. Sebut saja Nana Mizuki dan Miyano Mamoru.

Lha, kok gak nyambung sama judul di atas? xD

Intinya aku kesel aja sama para panitia bunkasai yang gak apdet lagu baru, taunya Laruku doang, Aqua Timez, YUI—kalau yang satu ini okelah karena aku juga suka xD, apalagi? LiSA? Lagu-lagu dari anime Naruto? Bleach? Woooiiii! Penyanyi dan lagunya sebuanyak itu list lo itu2 doang!! *setress akibat habis dari bunkasai yang lagunya itu2 aja*

Dan aku paling gregetan sama pemilihan lagu buat lomba band. Bagus mereka bisa aransemen lagu jadi lebih keren dari yang aslinya, dengan improvisasi solo gitar atau piano, nah yang ngikutin aslinya? Suara gitar gak kedengeran apalagi keyboard-nya? Cuma suara drum yang berisik abissss nyakitin telinga aku!

So, elu yang cari REKOMENDASI LAGU BUAT NGE-BAND, entah perform buat diri elo dan band, atau buat lomba, nih nih nih, perlu elo catat!!

Yang pasti, aku milih yang mana gak hanya drum yang berperan penting, melodi gitar dan piano ada perannya dalam lagu dan nadanya gak ngebosenin!

Cekidot aja!

YUI – Again
Yang ini … mungkin udah mainstream. But, rekomendasi paling atas! Melodi gitar paling berperan pembuka lagu, dan drum sebagai ketukan penyemangat. Aslinya piano berperan, tapi tak terlalu terdengar dengan telinga ‘awam’, but it’s ok, selama gitar terdengar. Tak hanya again, lagu-lagu dari YUI yang rekomended banget buat nge-band yang lainnya:
-          Love and Truth. Violin dan biola menjadi pembuka lagu ini, tapi kamu bisa tukar dengan alunan piano yang sesuai. Juga diiringi gitar akustik. Awal lagu, drum sebagai pendukung, dan gitar lagi-lagi mendominasi. Ditambah makna lagunya begitu dalam, vokalis harus bisa mengekspresikan ‘kegalauan’ dari lagu tersebut.
-          Hello~paradise kiss~. Kali ini drum yang mengawali lagu, bass pendukung penting. Gitar dan piano masih bisa berperan penting di dalamnya, dan suara drum tak akan mengganggu suara instrumen lainnya. Vokalis harus terlihat ‘centil’ menyanyikannya, sesuai dengan makna lagu.
-          If you. Drum juga mengawali lagu, diiringi gitar dan bas. Piano ikut berperan, dan dentuman drum diharap tak terlalu menonjol saat piano dimainkan. Temponya juga easy beat.
Tambahan~
Untuk yang ingin melakukannya secara akustik, ada beberapa lagu yang bisa direkomendasiin dari YUI. Ada please stay with me, es.car, cherry, crossroad, get back home, how crazy, I know, I wanna be, dan lagu mainstream seperti feel my soul, I remember you, it’s my life, it’s happy life, dan life.



SID – Enamel

Well, ini juga gak boleh dilewatin. Lagu pembuka dari anime Kuroshitsuji: Book of Circus ini sangat kental dengan rock-nya, baik drum maupun gitarnya. Bass tetap berperan, dan vokalis harus enerjik menyanyikan lagu ini. Mungkin cukup sulit, tapi tak ada salahnya dicoba. Rekomendasi lagu lain dari band SID lainnya: NO LDK, cosmetic, rakuen, mouso nikki 2, circus, capsule, eru, sweet?, darling, virtual bansakai, shougen, natsukoi, akikaze, cut, gradiation—maaf banyak, ngoleksi soalnya.
Jangan rain, uso, atau monochrome no kiss yang udah mainstream :v.
Tambahan~
Akustik: café de bossa, itsuka, nokoriga, meiro, kara no binsen sora e no tegami enta.


NICO Touches the Walls
Untuk band satu ini, jujur aku gak terlalu koleksi, tapi mulai mengikuti sejak single Tokyo Dreamer. Dan, lagu itu juga cocok buat nge-band kalian. Tapi aku paling rekomen Bakemono, baik musik maupun liriknya keren abis! UZU-TO-UZU, lagu pembuka kedua anime Arslan Senki juga sangat enak dan rekomen!
Rekomendasi akustik, bisa kamu dengar satu album penuh mereka dengan judul ‘Howdy!! We Are Aco Touches The Walls”.

Dan masih banyak lainnya:

7!! (seven oops) => Bye-bye, lovers, sekai wo mawase

Aimer => Twoface, kataomoi (akustik), us, stars in the rain (enak juga buat akustik)

Granrodeo => Trash candy (bsd op), 名も無き日々,

Izuka mayumi = zettai ai shijo shugi, ファンファーレ!

Luck life = sora iro (akustik), ブレイバー,

TK from ling toshite shigure = signal,

Tadokoro azusa = 1hope shiper, unmei dilemma, 

Komentar

Tertarik Artikel Lain?